Platform TikTok sebagai Diseminasi Informasi di UPT Perpustakaan Universitas Islam Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.59239/jfppti.v2i2.35Keywords:
TikTok, Diseminasi Informasi, Perpustakaan Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang merupakan best practice dari pustakawan dan perpustakaan Universitas Islam Lamongan dalam pengembangan layanan promosi. Produk best practice ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi terkait berita terkini dan informasi terbaru yang ada di lingkungkan Perpustakaan Universitas Islam Lamongan. Platform TikTok sedang diminati banyak penggunanya khususnya remaja, melalui media social seusia mahasiswa aktif yang sedang menempuh kuliah di Universitas Islam Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik penelitian wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan pada UPT Perpustakaan Universitas Islam Lamongan yang terletak di Jl. Veteran No. 53 A Jetis Kec. Lamongan Kabupaten Lamongan Jawa Timur, 62211. Adapun subjek penelitian yaitu Kepala perpustakaan dan pustakawan sebagai pengelola perpustakaan. Informan Kunci dalam penelitian ini adalah kepala Perpustakaan Universitas Islam Lamongan. Objek penelitian yaitu Platform TikTok sebagai Diseminasi Informasi di UPT Hasil dari penelitian ini Platform TikTok sebagai media promosi berkontribusi cukup signifikan sebagai media penyebarluasan informasi di UPT Perpustakaan Universitas Islam Lamongan. Hal tersebut terlihat dengan tingginya viewers konten-konten yang terdapat di akun TikTok @perpusunisla. Hal lain juga ditunjukkan dengan semakin tingginya minat kunjung pemustaka setelah perpustakaan mulai mengelola platform TikTok sebagai media promosi layanan perpustakaan. Selanjutnya berkaitan dengan diseminasi informasi melalui platform TikTok pada perpustakaan perlunya meningkatkan konsistensi dan kreativitas dalam mengelola konten yang di upload secara rutin pada Platform TikTok.
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, Vol 1(No 1), 565–572.
Dewanti, F. A. (2023). Kajian variasi konten tiktok brentwood public library (@ brenlibny) sebagai media promosi perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(1), 52–66.
INDONESIA. (2007). UNDANG-UNDANG PERPUSTAKAAN NOMOR 43 TAHUN 2007. Combustion Science and Technology, 21(5–6), 1–49.
Lexy, J. M. (2010). Qualitative Research Methods. Principles of Social Psychiatry: Second Edition, 732, 77–87. https://doi.org/10.1002/9780470684214.ch7
Prakoso, D. A. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DAN EFEKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA ISLAM DI KELURAHAN WAYDADI BARU KECAMATAN SUKARAME. In Global Health (Vol. 167, Issue 1).
Rahmat Fadhli, Husein Saeful Insan, M. I. (2018). Diseminasi Informasi Berbasis Media Sosial Pada Perpustakaan Digital Budaya Indonesia. Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital Dari Pustakawan Untuk Merawat Kebhinekaan Malang, 10 Oktober 2018, 60–68.
Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online Sebagai Transformasi Media Konvensional. Jurnal Signal, 9(2), 322. https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.6288
Suwardi Lubis, V. A. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi Tik Tok (Studi Deskriptif Kuantitatif Aplikasi Tik Tok di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU Stambuk 2015 dan 2016). TALENTA USU, 152(3), 28.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas?: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
Veronika, K. (2022). Pemanfaat Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Parafrase Bagi Mahasiswa. In Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.